1001app's Blackberry Blog

Informasi seputar Operating System

Posted on: July 5, 2010

Semua informasi berikut ini berdasarkan info yang telah umum, dan telah banyak pengguna Blackberry yang mengetahuinya ,

Disini saya mencoba menjelaskan kembali , dengan harapan mungkin masih ada user yang belum mengetahuinya🙂

Oke , kita langsung saja pada pokok topik kita :

»»

• Mengetahui Versi OS dengan 3 cara yang mudah dan simple , yaitu :

1, Tekan tombol alt+shift-H bersamaan (alt+⇧aA+H) itu akan membawa kita ke Help Me Screen (attachment terlampir) disitu ada appversion. Misal : 5.0.0.714

2. Di option lalu about maka akan muncul seperti dibawah ini

BlackBerry® 9700
smartphone (3G, Wi-Fi)
v5.0.0.714 (Platform 5.1.0.146)
3G Bands 1,2,5,6
Cryptographic Kernel v3.8.5.85
Branding Version: 1.0.102.709I
Dst…..

[v.5.0.0.714] — ini os nya

3. Pada autotext yang ada di bb kita diselipkan beberapa autotext bersifat sistem. Salah satunya utk mengetahui type bb kita dan os kita. JIKA TIDAK DIHAPUS / KEHAPUS oleh anda sendiri, semestinya saat anda ketik “myver” maka akan muncul menjadi 9700/5.0.0.714 — ini berarti saya pakai bb tipe 9700 dan os nya 5.0.0.714.

Myver ini bisa diketik DIMANAPUN yg bersifat bisa diketik di bb kita. Misalnya di sms, mms, email, bbm, ym, facebook, twitter, dll.

4. Menggunakan aplikasi. Contohnya yang bisa seperti : Meterberry, Controlbbanel, Fixmotool, dan mungkin masih banyak lagi (akan dibahas terpisah)

Type OS BB sejauh yg saya tahu saat ini minimal os yg ada di hampir semua tipe BB adalah

– 4.2.xx
– 4.5.xx
– 4.6.xx
– 4.7.xx
– 5.0.xx
– 6.0.xx —- ready to launch

OS merupakan core dari BB supaya bisa bekerja, sama seperti pada komputer itu ala windowsnya, linux, mac. Atau kalo di hp seperti symbian, atau windows mobile, dll

Aplikasi apapun (termasuk themes dan games) yg ada di bb pun memiliki karakteristik unik dimana tidak semua cocok utk semua OS.

Jika menemukan aplikasi dengan spek misalnya utk 4.6 keatas, brati yg os 4.5 ya jelas tidak bisa. Atau dikatakan utk os 5.0, tentunya dibawah itu tidak bisa.

Jadi os saya yaitu 5.0,0.714 adalah kategori os 5.

Berikut tipe bb umum yg sesuai os nya. Afaik (as far as i know) :

4.2 : 83xx, 87xx, 88xx
4.5 : 83xx, 87xx, 88xx
4.6 : 89xx, 85xx, 90xx, 91xx
4.7 : 95xx, 96xx
5.0 : 89xx, 85xx, 90xx, 91xx, 96xx, 97xx, 95xx
6.0 : 98xx

Note : untuk bb dengan os 4.2 dan 4.5 memiliki keterbatasan memory sehingga tidak munglkin dinailkkan ke os 5. Untuk tipe awal os 4.6 pun tidak semua mampu dinaikkan sampai os 6.0

Saat ini jika anda berada di os 4.6 dan 4,7, sebaiknya dinaikkan di posisi os 5 karena menurut saya kinerja nya lebih baik, tampilan pun lebih bagus.

Regard to my Friend :
Budianto Haryanto[

☑ Tinggalkan komentar anda , agar saya mengetahui kalau Anda menyukai artikel ini, dan Saya berharap artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan problem pada Handheld Anda.

3 Responses to "Informasi seputar Operating System"

Kok, alt+shift-H bersamaan (alt+⇧aA+H) untuk cek versi OS di Tour gak bisa ya ???

Saya pernah install OS memakai hybrid OS ..
Dan fitur help-nya .. Tidak di include-kan pada paket penginstalan ..
Akibatnya .. Sama seperti problem mas Alamsyah

Saya ngak bisa masuk menu help dengan memakai shortcut tersebut..

Solusinya .. Kalo memang ini masalahnya .. Yaitu : inul alias instal ulang dengan official OS ..

Semoga Membantu..

ɑ̤̥̈̊ķƱ pkai bb 8330 waktu bli gak tau os brp,truz tak upgrade OS 5,tp lenotnya setengah mati,jadi down grade 4.6 dan lancar,tampilan [̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇,cocok trnyta,hasek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk subscribe ke blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Join 87 other followers

Pages

jim_valen – Yahoo! Messenger

follow me on Twitter

RSS BlackBerryOS.com

Flickr Photos

red, white and blue

Bastion of calm

Crashing Waves

The Tyne

Gangway in a white building

Enlightened

Just hangin' around!

Mammatus over Kansas

b r û l é e | marin county, california

It's a Family Affair...

More Photos
%d bloggers like this: